Kelebihan Dan Kekurangan Setrika Uap VS Setrika Listrik

Kelebihan Dan Kekurangan Setrika Uap VS Setrika Listrik

Kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan setrika uap vs setrika listrik ketika kita gunakan di usaha laundry kita. banyak dari kita yang mungkin masih bingung apa sih keunggulan atau kelebihan dari dua jenis setrika ini dan kekurangan dari dua jenis setrika ini ketika kita pakai di usaha laundry kita.

Nah kali ini kita akan membongkar secara garis besar kekurangan dan juga keunggulan dari kedua jenis setrika ini ketika kita gunakan diusaha laundry kita.

Kelebihan Dan Kekurangan Setrika Uap

Kelebihan Setrika Uap

Lebih rapi – Kenapa setrika uap itu bisa lebih rapi? karena setrika uap itu yang keluar dari setrikanya itu adalah uap panas bukan panas melalui besi seperti setrika listrik jadi yang dihasilkan panasnya adalah uap. Nah itu ketika kita kasih ke kain yang sulit untuk rapi atau misalnya kain yang Kusut banget itu bisa dengan mudah lentur atau bisa dengan mudah licin jadi inilah faktor kenapa setrika uap itu bisa cepat rapi ketika kita menyetrika pakaian.

Lebih cepat – Sebenarnya setrika cepat ini sebenarnya relatif ya.. setrika listrik juga bisa cepat ketika kalian tahu teknik atau cara menyetrika yang benar dan cepat itu sendiri. Cepat ini mungkin karena setrika uap ini tidak perlu harus dibolak-balik gitu Jadi hanya disetrika ke bagian atas kemudian nanti tekanan yang cukup kuat ke lapisan baju yang kedua atau lapisan baju yang berikutnya maka lebih praktis, jadi proses penyetrikaannya pun juga lebih cepat.

Irit biaya listrik – betul banget biaya listrik yang irit ini karena setrika uap ini atau setrika uap boiler menggunakan pemanas dari gas atau dari api, jadi tidak menggunakan listrik tapi sebenarnya kalau dibilang irit sih kita juga mengeluarkan biaya untuk membeli gas juga ya, jadi sama aja sebenarnya biaya beli gas ketika dikonversikan ke biaya listrik ya..

Tidak lengket – tidak lengket bagian landasan setrikanya karena setrika uap ini panas yang dihasilkan adalah panas dari uap itu sendiri jadi bukan panas besi seperti setrika listrik jadi ketika kita tempelkan kepada baju yang banyak sablonnya tidak akan lengket dan tidak akan merusak pantat atau landasan setrika uap itu sendiri jadi baju itu dipastikan akan aman.

Tidak memudarkan warna kain – nah ini juga keunggulan yang baik dari setrika uap adalah tidak memudarkan warna kain karena Sekali lagi harus bilang bahwasanya panas yang dihasilkan adalah dari uap. Bagian bawah setrika uap itu ada lobang-lobang nah dari lobang itu uap yang keluar jadi bukan panas di besinya jadi ketika kita tempelkan kepada kain-kain kain tertentu misalnya celana bahan tidak memudarkan warna kain.

Kekurangan Setrika Uap

Berat – setrika uap ini beratnya itu berkisar antara tiga kilo kalau nggak salah ya belum lagi ditambah dengan selang uapnya belum lagi dengan bodi cukup besar, jadi kalau teman-teman pegang itu kurang lebih sekitar tiga kiloan atau empat kiloan. Ini tentunya akan mempengaruhi efektivitas kalian menyetrika di range waktu yang cukup panjang misalnya 8 sampai dengan 12 jam.

Apek pada baju – bisa menimbulkan lembab pada baju karena panas yang dihasilkan adalah uap jadi kalau misalnya kalian melakukan proses penyetrikaan sampai pada proses packing tidak benar maka akan menimbulkan bau apek atau lembab pada pakaian.

Tidak bisa langsung di packing – pakaian konsumen setelah kita setrika menggunakan setrika uap tidak bisa langsung packing baju-baju konsumen tersebut, membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai dengan satu jam.

Membutuhkan tempat yang besar atau meja Setrika yang besar – kalau disetrika listrik mungkin kita hanya membutuhkan ruang usaha 3×4 atau 4×4 itu sudah cukup ya atau mungkin 2×3 mungkin sudah cukup tapi kalau untuk penggunaan setrika uap ini kita membutuhkan meja Setrika yang cukup besar. Karena kita membutuhkan tempat meja setrika, tempat untuk menaruh boilernya atau tabung airnya itu sendiri kemudian tabung gasnya kemudian juga ada setup untuk selang dari boiler ke setrika.

Boros gas – nah ini juga yang saya dapat bahwasannya memang mungkin irit listrik Tapi tidak untuk gas karena ya untuk memanaskan air sendiri menjadi uap itu kita menggunakan panas dari gas atau panas dari api itu sendiri jadi pasti akan mengeluarkan biaya untuk membeli gas

Harganya yang mahal – Nah ini salah satu kekurangan dari setrika uap harganya itu berkisar antara 1,5 juta sampai dengan 5 juta tergantung kapasitas dari boiler yang bisa ditampung boilernya

Kelebihan Dan Kekurangan Setrika Listrik

Kelebihan Setrika Listrik

Ringan – berbeda dengan setrika uap kalau setrika listrik beratnya berkisar 500gram sampai dengan 1kg jadi ini bisa efektif buat kalian yang suka menyetrika di range waktu 8jam sampai dengan 12jam jadi kalian tidak terlalu capek.

Harga murah – ya setrika listrik di pasaran itu dijual dari harga 80.000 sampai dengan 500.000 tergantung merk setrikanya. Jadi masih sangat terjangkau buat kalian yang mungkin budgetnya masih minim untuk memulai usaha laundry.

Tidak membutuhkan tempat yang besar – berbeda dengan setrika uap harus membutuhkan setup and tempat yang cukup besar kalau setrika listrik kita hanya membutuhkan meja Setrika dengan ukuran 60 kali 120 saja sudah cukup atau mungkin kalau kalian yang suka menyetrika dilantai juga bisa menggunakan setrika listrik.

Bisa langsung di packing – baju konsumen setelah kalian strika tidak perlu mendiamkan pakaian konsumen itu kurang lebih sekitar 30 menit atau satu jam baju itu sudah bisa langsung di packing ketika kalian menggunakan setrika listrik.

Tidak apek – setrika listrik tidak menimbulkan lembab pada pakaian karena panasnya adalah panas yang dihasilkan melalui besi bukan dari uap jadi tentunya tidak akan menimbulkan lembab mungkin bisa menimbulkan lembab ketika proses pengeringan pakaian kalian di Matahari atau di mesin pengering yang kurang kering itu mungkin tapi kalau untuk proses penyetrikaannya sendiri tidak akan menimbulkan lembab seperti setrika uap.

Kekurangan Setrika Listrik

Biaya listrik yang tinggi – ini salah satu kekurangannya dari setrika listrik apalagi kalau usaha kita ramai dan pemasukan kita tiap hari mungkin di angka 100 sampai dengan 200 kilo sudah pasti kita akan mengeluarkan biaya listrik yang juga cukup tinggi.

Sering lengket – landasan setrika atau pantat setrika dari setrika listrik ini sering lengket adalah salah satu kekurangan yang sering saya temui ketika saya menggunakan setrika listrik adalah ketika kita salah menyetrika pakaian berbahan sablon atau pakaian yang banyak sablonnya terus kemudian kita salah menyetrika dengan suhu dari setrika itu cukup panas banget nanti bisa mengakibatkan rusak bagian bawahnya Nah kalau udah lecet untuk proses penyetrikaan selanjutnya akan tidak mulus jadi ini perlu diperhatikan sekali ketika kalian menggunakan setrika listrik,

Memudarkan warna kain – nah ini juga salah satu kekurangan yang sering saya temukan ketika menggunakan setrika listrik adalah warna kain itu bisa hilang atau bisa pudar misalnya pakaian pakaian berbahan kain ya atau celana kain bisa pudar warnanya misal dari warna hitam bisa ada bercak-bercak putih nya karena setrika listrik panas yang dihasilkan adalah melalui panas besi. Besi yang panas itu ketika kita tempelkan berjam-jam atau mungkin setiap hari kita lakukan proses penyetrikaan di baju berbahan tertentu maka akan memudarkan warna dari baju atau kain yang kita setrika.

Bisa membakar pakaian – dengan bahan tertentu jadi ini salah satu kekurangan yang juga saya dapatkan ketika menggunakan setrika listrik di laundry, bisa jadi pakaian konsumen bolong kalau misalnya kita salah menyetrika bahan-bahan pakaian tertentu misalnya bahan parasut terus kita lupa untuk mengecilkan suhu dari setrika listrik terus kemudian kita tempelkan secara tiba-tiba ini bisa mengakibatkan pakaian konsumen jadi kebakar

Nah itu dia tadi kelebihan dan kekurangan dari setrika uap vs setrika listrik ketika kita gunakan di usaha laundry kita.Setelah mengetahui poin – poin diatas silahkan kalian tentukan sendiri pilihan dari kedua jenis setrika ini sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Misalnya kalau kalian merasa budget kalian yang dikeluarkan untuk berusaha belum cukup untuk membeli setrika uap silahkan kalian alihkan untuk menggunakan setrika listrik dulu, tapi kalau misalnya kalian rasa budget kalian sudah cukup untuk membeli setrika uap monggo silahkan kalian beli setrika uap atau misalnya kalian melihat sebenarnya ruangan kalian itu tidak terlalu besar untuk memasukkan setrika uap ke dalam ruangan laundry kalian ya kalian bisa menggunakan setrika listrik dulu.

Jadi ini kembali lagi ke kebutuhan kalian yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published.