Berapa Sih Modal Usaha Laundry??

Berapa Sih Modal Usaha Laundry??

usaha laundry merupakan salah satu bisnis rumahan yang dianggap menguntungkan. Menjalankan usaha jenis ini termasuk mudah hanya dengan bermodalkan peralatan yang sederhana anda sudah bisa membuka jasa laundry di rumah atau di lokasi lain yang Anda pilih.

Kita akan membahas Berapa modal usaha laundry yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry kecil-kecilan serta tips apa yang harus diperhatikan untuk memperbesar kemungkinan bisnis kalian berhasil.

Bisnis laundry banyak diminati mereka yang ingin berwirausaha karena tidak butuh keterampilan khusus dan pangsa pasarnya juga ada terutama untuk mereka yang tidak punya waktu atau malas untuk mencuci sendiri tentunya.

Ini menjadi peluang bisnis untuk mencari uang tambahan sebelum kita membahas berapa perkiraan modal usaha laundry yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry kecil-kecilan. ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Lokasi Usaha Laundry

meskipun bisa mendatangkan keuntungan tapi segmen pasarnya sangat spesifik biasanya lokasi terbaik untuk usaha laundry adalah dekat kampus dan tempat kost dekat perkampungan padat penduduk atau dekat perkantoran.

Untuk menekan biaya sebagian pengusaha laundry itu hanya menyewa semacam kaunter atau kios kecil di lokasi strategis Tapi sebenarnya baju itu sendiri dicuci di lokasi yang berbeda.

Survey Lokasi

Masih terkait dengan lokasi sebagian orang salah beranggapan bahwa asal kiosnya di pinggir jalan raya maka sudah ideal padahal tidak sesederhana itu. sebaiknya sebelum Anda memilih suatu lokasi tertentu sisihkan waktu untuk memperhatikan Lalu lalangnya apakah orang hanya lewat pulang-pergi dari kantor ataukah ada banyak warga sekitar yang beraktivitas di situ.

Salah satu tips yang dapat dijadikan patokan adalah coba perhatikan motor yang lewat pada pakai helm gak? kalau pada pakai helm berarti kemungkinan mereka hanya pulang-pergi kantor dan hanya lewat saja serta kecil banget kemungkinannya mereka akan berhenti.

Tapi kalau yang tidak pakai helm itu justru adalah tanda lokasi yang baik untuk bisnis karena kemungkinan mereka adalah warga sekitar yang sedang mampir atau jalan-jalan.

Membuat Standar Operasional Sistem (SOP)

Selanjutnya kalau lokasinya sudah dipilih maka sebelum mulai beroperasi yang harus anda lakukan adalah mendefinisikan sistem atau proses supaya baju yang dicuci itu tidak saling tertukar karena tanpa sistem itu mimpi buruk ketika kalian akan berusaha. Susah menentukan ini kaos punya siapa karena kan nggak ada namanya kalau Anda punya karyawan maka proses kerjanya juga perlu diajarkan dan ditulis supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Survey Harga

Selanjutnya jangan lupa juga untuk cek kompetitor di daerah setempat. Cek mereka punya paket apa dan harganya berapa sebenarnya kalau ada kompetitor di suatu daerah apalagi yang sudah lama beroperasi Hal itu adalah tanda yang baik karena berarti segmen pasarnya ada di situ tapi pilih lokasinya jangan yang sebelah sebelahan bangetlah kayak indomaret dan alfamart yang selalu gandengan.

Untuk harga perkenalan kalian bisa Set harga sedikit lebih rendah dari kompetitor tapi pastikan kalian masih tetap bisa mendapatkan keuntungan.

Belajar Jenis Kain

Selanjutnya Jangan lupa untuk pelajari jenis kain juga meskipun mencuci itu kesannya nggak butuh ilmu tapi kalian setidaknya perlu belajar untuk tahu bahan kain apa yang bisa dicuci apa yang harusnya di dryclean alias gak boleh kena air dan juga butuh belajar mengenali bahan apa sih yang kira-kira akan luntur dan sebagainya.

Kalau anda tidak mencari ilmunya dulu bisa-bisa tanpa sengaja merusak baju konsumen, kalau sampai mesti ganti bisa tekor.

Modal Usaha Laundry

Nah sekarang kembali ke topik awal berapa sih modal yang dibutuhkan untuk membuka laundry kecil-kecilan? ini asumsinya usaha kecil-kecilan ya.. bukan yang berskala besar.

  • Dua mesin cuci Katakanlah 7.000.000
  • Satu mesin pengering 5.000.000 kalau mau dijemur aja juga bisa, tidak saya sarankan untuk tetap beli mesin pengering ini supaya tetap bisa memenuhi orderan pelanggan ketika musim hujan.
  • Dua setrika listrik 500.000 dan jika sudah ramai saya sarankan menggunakan setrika uap boiler.
  • Timbangan digital kurang lebih 500.000.
  • selanjutnya Kalian juga akan perlu tempat baju kotor saya asumsikan 600.000 seperti yang tadi sudah saya jelaskan harus terorganisir dari awal pisahkan baju kotor dari tiap pelanggan dengan box atau plastiknya harus diberi nama tanggal dan nomor orderan dari awal.
  • Papan nama atau spanduk dan nota ini saya asumsikan 1.000.000 ya saya asumsikan teman-teman bakal pakai papan di atas toko tapi juga punya stendy yang bisa berdiri sendiri di depan kiosnya.

kalau dijumlahkan berarti modal awalnya sekitar 14,6 juta tapi catat ya ini belum termasuk sewa tempat dan biaya operasional serta tidak menggunakan setrika uap boiler. Sekarang Mari kita bahas biaya operasionalnya Apa sih bedanya modal dengan biaya operasional?

Kalau modal itu biasanya pengeluaran yang sifatnya satu kali di depan kalau biaya operasional itu adalah biaya yang terus-menerus berulang setiap bulannya misalnya aja beli mesin cuci nah itu dianggapnya modal karena kan teman-teman tidak akan beli mesin cuci tiap bulan ya kecuali kalau bisnisnya udah sukses banget yaitu dianggap ekspansi untuk biaya operasional bisnis laundry kira-kira berikut estimasinya:

  • Listrik dan air 500.000
  • Deterjen dan pewangi 400.000
  • Plastik baju bersih 100.000
  • Biaya lain-lain 200.000

saya asumsikan ada biaya lain-lain kalau ada yang kelupaan berarti total biaya operasionalnya adalah sekitar 1,2 juta rupiah kalau teman-teman mau punya pegawai tentunya juga harus menambahkan gaji dan tunjangan mereka di biaya operasional.

Biasanya penjaga counter laundry itu gajinya sekitar 1.5 – 2 juta per orang Per bulan tapi ya Ini juga tergantung daerah dan UMRnya. Silakan kalian cek dan hitung-hitung aja sendiri dulu ya.

Demikian perkiraan uang yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry kecil-kecilan namun jika kalian ingin terima beres dengan standar minimal laundry profesional kalian bisa coba ambil franchise laundry dari kami. Jika ada yang kurang jelas bisa comment atau chat kami yaa, jangan sungkan untuk sekedar bertanya semua insyaallah akan kami balas. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.